Perbaiki jam di server Linux

Bismillah,
ini adalah pengalaman jam error pada server linux, server ini telah hidup selama 32 hari lebih, dan menjalankan ntpd dari ntp.org

saya cek dengan program

date

ternyata jamnya tertinggal 2 jam, waduh… kacau nih… he… he…
saya cek login dengan perintah

last | head

untuk mencek kalau-kalau ada login yang aneh, ternyata tidak ada, jadi mungkin memang servernya lagi err… OK, langsung ke solusi yang saya terapkan, stop ntpd server dengan perintah

sudo /etc/rc.d/rc.ntpd stop

lalu saya start manual untuk mensingkronkan dengan server OpenNTD saya dengan perintah

sudo /usr/sbin/ntpd -g -q

setelah selesai, saya start lagi server ntpd nya

sudo /etc/rc.d/ntpd start

selesai,
walhamdulillah, semoga Allah Rabbuna Jalla Wa ‘Ala memudahkan saya tinggal di Kota Banjarbaru

Leave a comment