Wireless di Linux

Bismillah,

script yang saya buat untuk connect ke wireless akses point yang tanpa WPA atau tanpa encripsi. saya menulis ini untuk dokumentasi saja dan tidak menyarankan wireless tanpa di encript dengan WPA misalnya. di ~/bin/ dengan nama wireless.sh

scan dulu jaringan Wireless yang tersedia:

$ sudo /sbin/ifconfig wlan0 up

$ sudo iwlist scan

masukkan nama jaringan yang tampil sebagai essid yang digunakan. disini contohnya adalah “NAMA JARINGAN”

#!/bin/bash

#untuk konek ke access point "NAMA JARINGAN"
echo -n "Setting wireless:"

ifconfig eth0 down
ifconfig wlan0 up

iwconfig wlan0 essid "NAMA JARINGAN" # key 1a1b1c1d1e (bila pakai WEP)
#dhclient wlan0

ifconfig wlan0 192.168.0.190
route add default gw 192.168.0.1
echo "nameserver 192.168.0.1" > /etc/resolv.conf

echo " OK"

untuk connect

$ sudo ~/bin/wireless.sh

Walhamdulillah

Daftar Pustaka:

Rusmanto, Ari Koeswoyo, Hendri Saptono, Kurniadi, Toto Harjendro. 2008. Linux Network Setup Guide. Jakarta: P.T. Dian Rakyat

catatan: Saya sangat ingin tinggal di kota Banjarbaru. Semoga Allah Rabbuna Jalla Wa ‘Ala  memudahkan saya untuk tinggal di Kota Banjarbaru.

One thought on “Wireless di Linux

Leave a comment